Posted by : Arief Hilman Nugraha Tuesday, August 12, 2014

Teman teman pasti pernah ngerasain Ketika sedang bekerja dengan linux command line, tentunya kita kadang tidak ingat di mana letak dari folder yang sedang kita pakai. Jika ingin mengetahui di mana letak folder dari yang sedang kita pakai, maka perintah baris yang bisa kita gunakan adalah pwd. Perintah ini sendiri merupakan kependekan dari Print Working Directory yang berarti mencetak/mengeluarkan informasi di mana letak dari path folder yang sedang dipakai.
Untuk contoh konkrtinya anda bisa langsung mempraktekkannya pada Linux yang anda punya, atau bisa juga menggunakan VPS yang sedang anda gunakan untuk mengelola website. Contoh gambar bisa anda lihat di bawah ini:
Perintah PWD untuk mengetahu path dari Linux
1pwd
2man pwd
Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai kegunaan perintah ini, anda bisa menggunakan perintah man pwd untuk mengetahui deskripsi (manual) dari perintah pwd.
Perintah ini juga bisa menjadi alternatif ketika menggunakan software semacam FileZilla sehingga kita tidak harus banyak klik untuk masuk ke folder dari website. Tinggal copy hasil [erintah pwd dan paste di bagian path dari software FilZilla FTp Client.
Path FileZilla hasil copy paste PWS pada Linux
Akhirnya, meskipun isi artikel tentang penerapan perintah pwd di Linux ini cuman sedikit, penulis harap bisa memberikan manfaat untuk pengunjung sekalian.

{ 2 comments ... read them below or Comment }

Welcome to My Blog

Berlangganan Lewat Email

Subscribe via Email

Translate

Lagu

- Copyright © Arief Hilman Nugraha - Robotic Notes - Disponsori Oleh Blogger - Editing by Arief Hilman Nugraha -