Posted by : Arief Hilman Nugraha Friday, August 8, 2014

ika komputer Anda tidak ada suaranya berarti ada masalah dengan hardware komputer tersebut yang bernama sound card. Sebelum Anda mendatangi orang yang ahli dalam hal komputer lebih baik jika mengeceknya sendiri terlebih dahulu. Untuk mengatasi soundcard yang rusak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Mengatasi-SoundCard-yang-Rusak
Berikut ini akan kami ulas mengenai cara mendeteksi kerusakan atau gangguan pada sound card. Apabila terjadi kerusakan pada sound card komputer Anda, maka tidak dapat dilakukan instal driver pada sound card. Selain itu sound card juga tidak akan terdeteksi oleh program secara otomatis. Kemungkinan sound card tersebut rusak. Untuk mengatasi soundcard yang rusak pada PC yaitu dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini:
  • Bersihkan program sound yang ada pada komputer dengan cara di uninstall. Caranya cukup membuka di control panel pada windows dan pilih menu add remove. Cari program driver soundcard yang Anda gunakan baru kemudian di remove. Setelah berhasil, biasanya windows akan otomatis melakukan restart.
  • Selanjutnya untuk cara mengatasi soundcard yang rusak adalah menginstall kembali driver tersebut menggunakan CD/DVD bawaan dari sound Card tersebut, jika CD driver Hilang Anda bisa mendownload softwarenya di internet. Jika sudah didapatkan, maka tahap selanjutnya adalah install melalui auto run atau membuka file driver dan pilih file dengan nama setup.exe untuk menginstall.
  • Biarkan proses install diver berjalan sesuai panduan yang ada pada tampilan di layar komputer. Jika sudah selesai, maka komputer akan kembali melakukan restart dan disertai suara closing windows yang menandakan komputer sudah terinstall driver soundcard.
  • Setelah komputer tampil dengan windows kembali, sebaiknya Anda periksa apakah device hardware soundcard sudah di install sempurna. Caranya klik kanan mouse pada my komputer, pilih properties, kemudian akan tampil menu system properties dan pilih menu hardwaresampai muncul tampilan baru lagi. Pilih device manager maka windows akan menampilkan semua device hardware yang terpasang sudah terinstall drivernya. Lihat apakah seri soundcard tersebut sudah muncul dan menandakan komputer sudah sempurna device soundcardnya dan sudah bisa digunakan untuk menjalankan program musik dan sebagainya.
Demikian sedikit panduan sederhana tentang cara mengatasi soundcard yang rusak semoga dapat membantu Anda menemukan solusinya jika mengklaim kendala yang sama pada komputer Anda.

{ 2 comments ... read them below or Comment }

Welcome to My Blog

Berlangganan Lewat Email

Subscribe via Email

Translate

Lagu

- Copyright © Arief Hilman Nugraha - Robotic Notes - Disponsori Oleh Blogger - Editing by Arief Hilman Nugraha -