Posted by : Arief Hilman Nugraha Saturday, September 13, 2014

Make Your Own Game Tutorial I: Overview of Program Structure 

Apa itu RPG Maker VX Ace?

RPG Maker VX Ace adalah mesin permainan yang dirancang untuk
membuat 2D Roleplaying Game. RPG Maker VX Ace
diciptakan untuk menjadi cukup sederhana bagi siapa saja untuk menggunakan: Anda tidak melakukan
memerlukan pengetahuan pemrograman khusus untuk menjalankannya.

Semua aspek menciptakan RPG dapat dikontrol
di RPG Maker VX Ace melalui titik sederhana dan klik
antarmuka pengguna grafis.


RPG Maker VX Ace Editor View

Tapi jika cukup sederhana bagi siapa saja untuk menggunakan,
mengapa kita perlu tutorial ini?

 
Tujuan dari seri ini tutorial adalah untuk memberikan
orang-orang yang membacanya kepala mulai dalam membuat mereka sendiri
game dengan RPG Maker. Meskipun Anda dapat belajar sendiri,
dan banyak orang miliki, ada banyak perangkap yang bisa
dengan mudah dihindari dengan sedikit informasi.

Sepanjang seri ini tutorial, kita akan membuat
permainan sederhana dari awal sampai akhir, pergi ke setiap bagian
program yang dibutuhkan untuk menunjukkan bagaimana untuk membuat Anda sendiri
game.

Dengan menggunakan tutorial ini, Anda harus dapat
memahami dasar-dasar penggunaan RPG Maker VX Ace lebih cepat, sehingga
Anda dapat beralih ke menjelajahi beberapa lebih maju,
Pilihan kuat yang tersedia bagi Anda.

Sebelum kita masuk ke dalam membuat permainan meskipun, mari kita
saat untuk memeriksa struktur dasar RPG Maker VX
Ace, dan bagaimana masing-masing komponen utama berinteraksi, untuk
memberikan pengetahuan dasar tentang istilah yang digunakan di kemudian hari.


RGSS3

RGSS3 (Ruby game Scripting System) adalah
Struktur tingkat terendah RPG Maker VX Ace bahwa Anda sebagai
pengembang memiliki akses ke. Hal ini didasarkan bahasa scripting
pada Bahasa Pemrograman Ruby yang menafsirkan setiap
Komponen lain dari permainan. Segala sesuatu dari bagaimana pertempuran
lari ke bagaimana peta yang digambar di layar dikendalikan
oleh script.
 


RGSS3 sangat kuat, yang memungkinkan Anda untuk mengedit hampir
setiap bagian dari cara permainan Anda bekerja. Sebagian besar pengguna
RPG Maker VX Ace tidak akan pernah mengedit script sendiri,
tetapi penggunaan script yang dibuat oleh orang lain adalah umum.
Anda dapat memperoleh script premade dari blog penggemar, penggemar secara online
masyarakat, yang RPG Maker Forum Web, atau sejumlah
tempat-tempat lain di web.


Script yang paling premade adalah plug and play, Anda hanya dapat
memasukkan mereka ke dalam script editor dan menyesuaikan pengaturan
berdasarkan apa yang Anda inginkan.


Seri tutorial tidak akan mencakup penggunaan skrip,
karena mereka lebih maju dari apa yang kita berencana untuk menutup,
tetapi penting bagi Anda untuk menyadari keberadaan mereka,
terutama ketika bergerak di luar seri ini untuk membuat
permainan Anda sendiri.


Database 

Database adalah di mana Anda membuat dan mengedit sebagian besar
komponen gameplay dari game Anda. Hal ini diatur dalam
tab, masing-masing memegang kategori yang berbeda dari komponen
permainan. Tab terdaftar ke kanan.

 Database: Class Tab

Aktor: Tab ini adalah untuk membuat dan mengedit karakter dimainkan
untuk permainan Anda. Ini mendefinisikan kondisi awal dari masing-masing
karakter yang dapat dimainkan.

Kelas: Tab ini untuk menciptakan kelas-kelas yang digunakan oleh Anda
karakter dimainkan. Kelas menentukan stat karakter
pertumbuhan serta keterampilan yang mereka pelajari saat mereka naik level.

Keterampilan, Animasi: The Keterampilan tab untuk menciptakan keterampilan
digunakan oleh karakter yang dimainkan dan oleh musuh-musuh Anda. The
Tab Animasi adalah untuk menciptakan animasi keterampilan '.

Produk, Senjata, Armors: Tab ini adalah untuk membuat barang-barang
dan peralatan yang pahlawan Anda akan menemukan, menggunakan, dan melengkapi.

Musuh, Pasukan: Musuh tab untuk menciptakan musuh
karakter Anda akan melawan, tab Pasukan untuk pengaturan mereka
ke dalam kelompok karakter Anda akan menemukan.

Menyatakan: Tab ini adalah untuk menciptakan efek status yang dapat
mempengaruhi karakter Anda dan musuh.

Sistem, Syarat: tab ini digunakan untuk mengatur banyak standar
pengaturan permainan, seperti efek menu suara.

Acara umum, tilesets: Tab ini akan dibahas kemudian.

Map Editor 

 The Map Editor adalah di mana Anda menciptakan dunia yang
karakter Anda akan mengeksplorasi.

Peta dibuat dengan memilih Tileset untuk menggunakan dan kemudian
lukisan peta di layar dengan menggunakan mouse anda untuk merancang
map yang Anda inginkan. Ini semudah menggunakan MS Cat.

Tilesets adalah grafis premade 32x32 pixel yang
dapat menggabungkan untuk membuat peta Anda. RPG Maker VX Ace
dilengkapi dengan 4 tilesets digunakan untuk membuat game Anda (Field,
Exterior, Interior, dan Dungeon) dan Anda juga dapat mengimpor
tilesets baru atau mengedit yang sudah ada dalam editor grafis.

Untuk membuat Tileset dari ubin dibuat dalam grafis
Editor Anda menggunakan tab Tileset dalam database. The Tileset
tab menentukan apa ubin di set dan apa ubin Anda
karakter bisa dan tidak bisa berjalan melalui (Anda tidak ingin
pemain berjalan melalui dinding!) dan juga beberapa lainnya
pengaturan seperti tag tangga dan tag medan.

The Map Editor juga memungkinkan Anda untuk menggambar RegionIDs sebuah
lapisan tidak terlihat selama bermain game yang akan digunakan untuk memisahkan Anda
peta menjadi beberapa bagian yang akan digunakan untuk hal-hal seperti pertemuan musuh.

Map Editor: Creating a World Map

Setiap peta juga memiliki jendela Peta Properti (ditemukan
dengan mengklik kanan pada peta dalam daftar di bawah kiri)
yang mendefinisikan hal-hal seperti nama peta, musik
di peta, yang tileset menggunakan, seberapa besar peta adalah, dan
apakah itu loops atau not.The Peta Properti juga digunakan untuk
mengatur pertemuan acak
 

Events 

Acara melayani dua tujuan utama dalam RPG Maker
VX Ace. Yang pertama adalah untuk memberikan karakter Anda sesuatu untuk
berinteraksi dengan pada peta Anda. Ini termasuk hal-hal seperti
karakter non-playable untuk berbicara dengan, peti harta karun untuk membuka,
dan toko-toko untuk membeli barang-barang di.

Tujuan kedua adalah untuk mengontrol aliran permainan Anda
dan adegan-nya. Hal-hal seperti mengubah apa mengatakan berdasarkan NPC
pada tindakan Anda, membuka bagian baru dari pencarian, atau
memungkinkan pemain untuk melakukan perjalanan ke daerah-daerah baru semuanya dikontrol
oleh peristiwa.

Ada tiga jenis acara yang diakses
melalui bagian yang berbeda dari RPG Maker VX Ace:

Peta Acara: Acara ini muncul pada peta individu, dan
diakses dengan menggunakan lapisan peta Peta Editor. mereka
digunakan untuk NPC, mentransfer pemain untuk peta baru,
toko, dan peta yang sama hal-hal tertentu lainnya.

Acara Umum: Peristiwa ini didirikan di Common
Peristiwa tab di Database. Mereka digunakan ketika peristiwa perlu
harus berulang kali disebut terlepas dari lokasi pemain.

Pertempuran Events: Pertempuran Acara ditetapkan dalam Pasukan tab
database dan khusus untuk setup pertempuran individu.
Mereka dapat digunakan untuk memiliki hal-hal tertentu terjadi dalam pertempuran
setelah pemicu tertentu.

Eventing sangat kuat, dan dapat digunakan untuk membuat
sistem yang kompleks tanpa pernah menyentuh skrip RGSS3.

Event: Creating a Simple Transfer Event


How It All Works Together   

 Sekarang kita telah melihat setiap individu utama
komponen RPG Maker VX Ace penciptaan permainan, mari kita melihat
itu semua bersama-sama.

Database berisi sebagian besar aspek apa pemain
karakter akan, dari statistik mereka pada peralatan dan
keterampilan yang mereka akan menggunakan. Hal ini juga berisi statistik untuk musuh,
dan grafis yang akan digunakan oleh Maps.

The Map Editor digunakan untuk membuat dunia yang
karakter dan musuh yang Anda buat dalam database akan
berada dari perspektif grafis. Ini meminjam dari
database untuk menentukan apa ubin dapat digunakan, dan bagaimana
karakter dapat berjalan pada mereka ubin.

Acara digunakan untuk memberikan aliran permainan Anda, dan menempatkan
hal pada peta Anda untuk karakter Anda untuk berinteraksi dengan.

RGSS3 adalah apa yang mengontrol semua sisa komponen
dan menafsirkan apa yang mereka maksud.

Seperti yang Anda lihat, kita dapat melakukan hampir semua hal dengan hal ini
kombinasi, selama kita tahu di mana mencarinya.

Next Tutorial Preview 

Dalam tutorial berikutnya, kita akan bergerak untuk mulai membuat
permainan dasar, dimulai dengan memetakan desa pedesaan yang
pahlawan kita akan menjadi penduduk.

About the Tutorial Author


Nick "Touchfuzzy" Palmer
telah menjadi perlengkapan biasa dari
Komunitas penggemar pembuat RPG untuk
beberapa tahun baik sebagai anggota
dan kemudian sebagai admininstrator
dari salah satu RPG terbesar
Masyarakat Maker. dia sekarang
bekerja untuk Degica menjalankan
RPG blog resmi pembuat Web,
Facebook, Twitter dan forum.
Dia memulai kariernya di RPG Maker menggunakan SNES super
Dante RPG Tsukuru.
Di luar RPG Maker, Nick adalah seorang keluarga yang
menghabiskan sebagian besar hari-harinya di rumah dengan dua anaknya dan istri.

{ 2 comments ... read them below or Comment }

Welcome to My Blog

Berlangganan Lewat Email

Subscribe via Email

Translate

Lagu

- Copyright © Arief Hilman Nugraha - Robotic Notes - Disponsori Oleh Blogger - Editing by Arief Hilman Nugraha -