Posted by : Arief Hilman Nugraha Tuesday, July 15, 2014

Beberapa waktu yang lalu pernah kejadian, ada teman yang ingin merubah password dari database MySQL karena “katanya” sudah tidak aman lagi menggunakan password tersebut mengingat ada beberapa orang yang tidak sengaja tahu dengan password root tersebut. Kemudian dia coba berkonsultasi (baca: tanya) dengan saya bagaimana cara merubah password root pada MySQL.
Merubah password root dari database MySQL
Karena website yang dia kelola menggunakan VPS Linux yang biasa diakses melalui coomand line menggunakan protokol SSH (kalau di windows bisa diakses menggunakan putty). Jika belum pernah memasukkan/mengeset password pad MySQL, maka perintah yang digunakan adalah di bawah ini:
1mysqladmin password "p455w0rdb4ru"
atau
1mysqladmin -u root password "p455w0rdb4ru"
atau
1mysqladmin -u root -h localhost password "p455w0rdb4ru"
Jika anda sebelumnya pernah mengeset password dan ingin merubah password lama, maka perintah yang digunakan sedikit berbeda dengan perintah ketika pertama kali setting password karena akan ditanyakan password lama (current password) sebelumnya. Contohnya bisa dibaca di bawah ini:
1mysqladmin -u root -p password "p455w0rdb4ru"
atau
1mysqladmin -u root -p -h localhost password "p455w0rdb4ru"
Sekarang, dengan cara ini anda bisa merubah password pada MySQL dengan mudah dan cepat menggunakan command line pada Linux. Sesudah merubah password root dari MySQL, jangan pernah memberitahu password tersebut ke orang lain sehingga kondisi aplikasi/website/database anda jadi lebih aman.
Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Berlangganan Lewat Email

Subscribe via Email

Translate

Lagu

- Copyright © Arief Hilman Nugraha - Robotic Notes - Disponsori Oleh Blogger - Editing by Arief Hilman Nugraha -